Kendal  

Total Rp 256 Juta Bantuan Atensi Kementerian Sosial Dibagikan di Kendal

KENDAL, lintasjateng.com – Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung bersama Anggota DPR RI Komisi VIII, KH Buchori menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada 41 penerima manfaat di Kabupaten Kendal.

Penyaluran bantuan, bersamaan Kunjungan Kerja Reses Anggota Komisi VIII DPR RI tersebut bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Senin 20 Maret 2023. Dihadiri Anggota DPR RI Komisi VIII, KH Buchori, Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana, Kepala Dinas Sosial, Toni Ari Wibowo, Anggota DPRD Kendal Sulistiyo Ari Wibowo.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Buchori berharap, bantuan yang diterima masyarakat penerima manfaat di Kabupaten Kendal ini dapat membantu kebutuhan hidup mereka. Dirinya juga berpesan Kepada para penerima manfaat terutama kewirausahaan agar dapat lebih berdaya.

“Harapan kami agar kedepan setelah dibantu semakin berdaya untuk orang lain. Kemudian untuk bantuan-bantuan lain entah itu kursi roda, alat pendengaran dan lainnya dapat digunakan dengan baik,” ujar Buchori.

Buchori juga menyampaikan, sebagai anggota DPR RI Komisi VIII pihaknya akan terus mendorong kementerian sosial untuk menambah jumlah penerima bantuan Atensi tersebut.

Baca Juga  Korban Longsor di Boja Dapat Bantuan dari Pemkab Kendal

“Di bulan Desember kami sudah mengetok anggaran untuk bantuan ini. Hari ini saya datang untuk mengontrol anggaran yang telah ditetapkan betul-betul dilaksanakan. Nanti di triwulan yang akan datang kuta juga akan menurunkan bantuan Atensi lagi. Harapannya KPMnya berbeda supaya yang merasakan semakin banyak,” paparnya.

Anggota DPR RI Komisi VIII, Buchori bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana saat kegiatan penyaluran Bantuan Atensi di Dinsos Kendal, Senin (20/3/2023)
Anggota DPR RI Komisi VIII, Buchori bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana saat kegiatan penyaluran Bantuan Atensi di Dinsos Kendal, Senin (20/3/2023)

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana mengatakan, menerangkan total bantuan yang disalurkan senilai total Rp 256 juta lebih, berupa pemenuhan hidup layak bagi kelompok anak, lansia, disabilitas dan rentan.

“Bantuan pemenuhan hidup layak kepada 390 penerima manfaat, ini berupa sembako intinya. Kemudian ada juga untuk aksesbilitas ada lima kursi roda, lima tongkat penuntun adaptif, sembilan alat bantu dengar,” terangnya.

Ditambahkan, bantuan lainnya berupa bantuan kewirausahaan, berupa warung, cucian motor, produksi keripik singkong, pedagang sayur keliling dan lain sebagainya.

“Bantuan ini atas dasar hasil asesmen tahun 2022. Kita salurkan secara bertahap, untuk hari ini adalah triwulan pertama berjumlah 414 penerima manfaat. Nanti triwulan kedua, ketiga dan selanjutnya akan kita lakukan lagi,” imbuhnya.

Baca Juga  DPR RI Komisi IX, Apresiasi Pemkab Kendal Dalam Menangani Pekerja Migran

Iyan juga mengungkapkan, bantuan Atensi merupakan upaya peran serta Kemeterian sosial bersama DPR RI Komisi VIII. Yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para penerima.

Selain menyalurkan bantuan Atensi yang bertempat di Dinas Sosial, Anggota DPR RI Komisi VIII, Buchori bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana dan rombongan juga menyerahkan secara langsung bantuan ke rumah-rumah peneri manfaat di Desa Wonosari dan Kelurahan Bandengan.

Sementara, penerima bantuan, Suyati (54) Warga Desa Tambakrejo Kecamatan Patebon merasa bersyukur dirinya mendapatkan bantuan untuk berwirausaha. Dirinya mengaku mendapatkan gerobak, oven, panci, beras dan lainnya dengan nilai mencapai Rp 7 juta.

“Saya tadinya naik sepeda muter-muter jualan lauk pauk. Terus saya mengajukan biar bisa jualan yang menetap. Alhamdulillah kok disetujui. Semoga kedepan bisa lancar jualannya, tambah besar usahanya,” ungkapnya.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 49 = 51