Kendal  

Berkat Fiberisasi Jaringan Gratis, Masyarakat Tirtomulyo Kini Bisa Menikmati Layanan Internet

LINTASJATENG,KENDAL – Berada di kaki lereng Gunung Prau Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal, masyarakat Desa Tirtomulyo kini bisa menikmati layanan internet dengan nyaman. Pasalnya, selama ini warga jika menggunakan internet harus mencari lokasi yang ada layanan wifi.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Tirtomulyo Achmad Sulis disela launching pemberdayaan internet “Smart Village” Fiberisasi desa-desa yang digelar di Aula Balai Kantor Desa Tirtomulyo Kecamatan Plantungan Kendal, Senin (27/6/2022).

“Alhamdulilah kini masyarakat tidak harus lagi jauh-jauh mencari lokasi yang ada fasilitas wifi. Melalui jaringan internet yang kita pasang secara gratis ini, masyarakat bisa memanfaatkan layanan internet dengan baik sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Sulis menambahkan, perekonomian  desa menjadi bagian pemerintah desa dan terkait intenet yang menjadi titik lemah yang ada di Desa Tirtomulyo khususnya. Sehingga bersama BUMDes Tirto Manunggal Sejahtera, layanan internet dikelola sebaik mungkin.

“Harapannya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan. Program internet desa ini, BUMDes Tirto Manunggal Sejahtera bekerjasama dengan Persero BPR Kendali Artha Kendal. Yang tadinya tidak bisa belajar di rumah, sekarang bisa menggunakan internet selain itu juga bagi pelaku UMKM,” imbuhnya.

Baca Juga  Dico Gagas Gerakan +62 Wadah Aspirasi Anak Muda

Direktur Perseroda BPR Kendali Arta Kendal, Ashari mengatakan, jika program internet desa ini sudah disusun sejak 2021 lalu. Di bulan Juni ini baru bisa terealisasi.

“Program internet desa ini merupakan implementasi yang dirancang sudah lama,” ujarnya.

Ashari menjelaskan, jika BPR Kendali Artha merupakan persero milik Pemkab Kendal yang memberikan modal kepada BUMDes di seluruh Kabupaten Kendal.

“Semua membutuhkan internet, baik untuk pendidikan maupun untuk meningkatkan usaha ekonomi,” jelasnya. 

Ashari mencontohkan, jika BUMDes memiliki usaha di bidang jasa, pada prinsipnya adalah pelayanan. Dengan adanya program internet ini, BumDes sebagai operator sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Kaitannya dengan jaringan internet, terutama di Desa Tirtomulyo kini bisa mendapatkan akses internet. Desa ini bisa mandiri terkait infrastruktur jaringan internet,” tuturnya.

Baca Juga  Bryn Dickerson asal New Zeland Juara Kendal MTB Bupati Cup Downhill 2023 Kelas Men Elite

Ashari juga menyebut, yang tadinya daerah blankspot, sekarang sudah memiliki akses tersebut. Desa juga mendapat tambahan PAD melalui layanan tersebut.

“Kebanggaaan kami yakni berguna bagi masyarakat luas. Salah satunya melalui program internet desa ini. Termasuk dalam hal pemgembangan UMKM di Kendal,” sebutnya. 

Sementara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto melalui sambungan virtual zoom mengatakan, ini adalah upaya inovasi bersama untuk membangun Kendal lebih baik lagi.

Salah satunya melalui pemberian layanan akses internet di wilayah yang blank spot tidak ada akses internet sama sekali.

“Yang selama ini wilayah belum terjangkau sekarang sudah bisa mendapatkan internet dengan baik. Semoga ini bisa menjadi percontohan bagi wilayah lain di Kendal, Khususnya daerah-daerah yang belum ada akses internet,” ungkap Dico. (Mash).

Keterangan Foto : Acara peresmian pemberdayaan internet “Smart Village” Fiberisasi desa-desa yang digelar di Aula Balai Kantor Desa Tirtomulyo Kecamatan Plantungan Kendal, Senin (27/6/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 2 =