Berkomitmen Penuhi Hak WBP, Lapas Batu Ikuti Sosialisasi Remisi, Assessment, dan SPPN

Lapas Batu diwakili oleh bapak Suradi selaku Kasi Bimkemas, Foto : Humas Lapas Batu

Nusakambangan – Lapas Batu turut hadiri sosialisasi pengarahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah tentang pelaksanaan pemberian remisi, assesment dan standar penilaian pembinaan narapidana secara virtual . Selasa (11/10/2022)

Remisi merupakan apresiasi Negara atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan selama menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan. Warga Binaan Pemasyarakatan sebenarnya hanya kehilangan kebebasan, dimana mereka tidak kehilangan hak-hak yang lainnya. Salah satu hak yang dimiliki oleh Warga Binaan Pemasyarakatan adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (Remisi).

Baca Juga  Kenang Sejarah Pejuang Perempuan, Lapas Purwodadi Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu
Lapas Batu diwakili oleh bapak Suradi selaku Kasi Bimkemas, Foto : Humas Lapas Batu

Assesment pada narapidana memiliki tujuan untuk memberikan penilaian terkait dengan faktor resiko kriminal dan juga penempatan yang sebaiknya dilakukan. Standar penilaian pembinaan narapidana (SPPN) dibentuk untuk meningkatkan manajemen WBP di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) sejalan dengan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. SPPN berfungsi sebagai instrumen penilaian perubahan perilaku WBP, yang selanjutnya akan digunakan sebagai data dukung utama dalam pelaksanaan hak-hak dan program bagi WBP.

Baca Juga  Tingkatkan Citra Baik Pemasyarakatan, Lapas Batu Bentuk Tim Perangi Berita Negatif

Sosialisasi tersebut Lapas Batu diwakili oleh bapak Suradi selaku Kasi Bimkemas. Dalam penyampain sosialisasi oleh Kadivpas Kumham Jatang, Supriyanto menyampaikan terkait pencegahan gangguan kamtib dan pelayanan untuk narapidana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 16 = 25