Ganjar Minta Komisi Informasi Jateng Berikan Edukasi Dengan Cara Nge-Pop

SEMARANG, lintasjateng.com – Komisi Informasi (KI) yang berfungsi menjalankan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik diharapkan dapat memberikan edukasi dengan cara-cara kekinian dan tidak konvensional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menghadiri acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Melantik Anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2022-2026, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin 20 Februari 2023.

Acara pelantikan juga dihadiri Ketua Komisi Informasi Pusat RI Donny Yoesgiantoro, Forkopimda Jawa Tengah, serta sejumlah kepala daerah juga hadir, di antaranya Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Ganjar Pranowo menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong Komisi Informasi Jateng dalam mengedukasi masyarakat terkait keterbukaan informasi dengan cara kekinian.

Baca Juga  MI Student’s Performances Meriahkan Perayaan Imlek dan Valentine

“Caranya yang nge-pop, jangan konvensional, agar publik bisa mendapatkan informasi dengan jelas, crystal clear begitu. Sehingga semua yang publik harapkan itu bisa didapatkan dengan akurat dan betul-betul dia transparan dan cepat,” ujar Ganjar.

Ganjar mendorong KI agar aktif mendampingi penyelenggara negara. Khususnya agar semua memiliki komitmen yang sama dalam hal keterbukaan informasi.

“Kami harapkan penyelenggara negara, termasuk kami-kami ini lebih punya komitmen yang tinggi untuk bisa memberikan informasi sebanyak-banyaknya pada masyarakat,” ujarnya.

Ganjar menegaskan, komisioner Komisi Informasi Jateng dapan menjalankan tugas dan fungsinya dalam menyelesaikan Sengketa Informasi Publik.

Baca Juga  Perum Dinar Indah Semarang Diterjang Banjir, Satu Warga Dikabarkan Meninggal

“Komisi tentu nggak usah sungkan-sungkan, kalau memang dari penyelenggara negara tidak bisa memberikan informasi yang bagus, ya tegur saja,” tegasnya.

Ditambahkan, Pemprov Jateng selama ini berkomitmen penuh dalam keterbukaan informasi. Terbukti, dalam lima tahun berturut, Jawa Tengah mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

“Pemerintah provinsi sangat terbuka, Alhamdulillah kami lima tahun berturut-turut terbaik terus. Makanya, buat kami kalau tidak ada apa-apa soal informasi ya nggak usah risih,” imbuh Gubernur Jateng.

Empat komisioner baru yang dilantik yakni Setiadi, Ermy Sri Ardhyanti, Moh Asropi, Sutarto, dan Indra Ashoka Mahendrakana. Mereka dilantik untuk masa jabatan 2022-2026.(Alim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 4 =