Kendal  

323 Atlet Yang Akan Bertanding di Porprov 2023 Ikuti Tes Fisik dan Kesehatan

KENDAL, lintasjateng.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kendal, melaksanakan serangkaian tes fisik dan tes kesehatan kepada para atlet yang disiapkan bertarung di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Pati Raya, pada Agustus 2023 mendatang.

Tes yang digelar di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu 20 Mei 2023, diikuti sebanyak 323 atlet dari 43 cabang olahraga (Cabor) di Kabupaten Kendal. Serangkaian tes fisik dan tes kesehatan ini dilaksanakan untuk memastikan kondisi fisik dan kesehatan para atlet. Hasil tes ini juga akan menjadi bahan evaluasi untuk para pelatih maupun pengurus guna mempersiapkan diri ke Porprov 2023, Agustus mendatang.

Ketua Subur Isnadi berharap, semua atlet sehat secara fisik maupun psikis. Menurutnya untuk menjadi seorang juara, secara fisik dan teknik harus dipersiapkan. Namun sebagai orang beragama, harus diiringi ikhtiar dan doa.

“Jadi tidak hanya mengandalkan secara fisik, semua itu Allah yang menentukan ikhtiar secara batin. Mudah-mudahan kita bisa meraih target prestasi,” ujar Ketua KONI Kendal.

Baca Juga  Yayasan Pendidikan Islam Al Muttaqien Desa Pucangrejo Diresmikan

Subur Isnadi juga berpesan para atlet untuk fokus dalam bertanding agar dapat meraih target 10 besar pada Porprov 2023.

“Saya tidak ingin seorang atlet yang kalah sebelum bertanding. Seorang atlet harus berjuang apapun hasilnya sebelum peluit terakhir harus tetap bersemangat,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap para atlet yang akan berjuang di ajang Porprov XVI 2023 dalam kondisi siap semuanya. Baik fisik, kesehatan maupun mental. Sehingga nantinya kontingen atlet Kendal bisa meraih target minimal sepuluh besar. 

“Dan saya akan mengawal secara langsung bahwa kesiapan para atlet Kendal ini harus benar-benar kita siapkan dengan maksimal,” ujar Dico.

Dico memaparkan, keberhasilan atlet Kendal sudah terbukti di SEA Games 2023. Dimana ada dua atlet Kendal yang bisa ikut menyumbangkan medali untuk Sepak Takraw dan Hockey di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. 

“Kalau sudah ada yang berprestasi di Internasional artinya secara fisik atlet Kendal mampu bersaing dwngan negara lain. Yang perlu diperhatikan bagaimana kita dapat membentuk mentalitas seorang atlet untuk menjadi seorang juara. Untuk itu saya minta semua tim tehnis saya minta bekerja dengan maksimal. Pastikan atlet kita semua bisa mendapatkan prestasi yang terbaik,” tegasnya.

Baca Juga  Bank Sampah Kendal Gandeng Ikasmanik Beri Pelatihan Kelola Sampah

Bupati mengungkapkan kebanggaan terhadap para atlet di Kendal. Dirinya memastikan para atlet dapat bertanding dengan baik dan mencapai target yang diinginkan.

Sebelumnya, Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua 2 KONI Kendal, Sunari Sofyan menerangkan, tes kesehatan ditangani tim kesehatan KONI Kendal dibantu 21 tenaga masseur dengan memeriksa kesehatan seluruh atlet. Sedangkan untuk tes fisik ditangani Binpres dan pelatih cabor.

“Tes fisik meliputi set up, push up, vertical jam, panjang lengan, kelentukan, lari 30 dan 39 meter, juga daya tahan tes,” terangnya.

Sunari menambahkan, selanjutnya para atlet mendapatkan surat keterangan atau rekomendasi sehat dan juga surat rekomendasi kesiapan fisik para atlet untuk mengikuti Porprov Jawa Tengah XVI 2023 di Pati Raya.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 − = 74