Kendal  

Anggota DPRD Kendal Tegaskan Pentingnya Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

KENDAL, lintasjateng – Anggota DPRD Kendal Komisi A, Munawir dan Rubiyanto menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal di Gedung C Setda Kendal, Kamis 9 Maret 2023.

Acara mengambil tema, Mendorong Pelaksanaan Gerakan Nasional Indonesia Maju, dalam Menghadapi Kemungkinan Resesi Global di Tingkat Daerah.

Dalam paparannya, Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir menyambut baik kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang bertujuan untuk menumbuh suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain dan juga membangun karakter dan nilai ideologi bangsa dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan ini harus inten dilakukan kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda. Sehingga bisa menjadi solusi atas persoalan kebangsaan yang sedang dihadapi saat ini. Jangan sampai wawasan kebangsaan itu terputus generasi,” ungkapnya.

Baca Juga  Dipusatkan di Kendal, Kapolda Jateng Canangkan 91 Kampung Tangguh Anti Narkoba

Selain itu menurut Munawir, sosialisasi ini bertujuan menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada generasi muda dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial. Menurutnya generasi muda nantinya akan memegang estafet mengurus Indonesia menghadapi guncangan dan cobaan ke depan.

“Paling tidak terdapat tiga hal yang perlu disiapkan oleh generasi muda yaitu etika, pengetahuan, dan tidak mudah menyerah,” papar Politisi Partai PDI perjuangan.

Ditambahkan, pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia harus selalu dipelihara. Dirinya berharap para peserta sosialisasi dapat menggunakan kesempatan ini sebagai tempat untuk menimba ilmu khususnya dalam rangka memelihara keutuhan NKRI.

Baca Juga  Peringatan Hari Ibu Ke-94, Perempuan di Kendal Harus Berdaya

“Tidak semua masyarakat bisa hadir di ruangan ini. Jadi panjenengan yang hadir di ruangan ini adalah orang-orang pilihan, dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Kendal. Kami berharap para peserta yang hadir, untuk dapat menularkan pengetahuannya terkait wawasan kebangsaan kepada peserta yang lain yang tidak dapat hadir saat ini,” imbuh Munawir.

Sementara, Anggota Komisi A DPRD Kendal, Rubiyanto menyampaikan, kegiatan wawasan kebangsaan ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan juga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap optimalisasi pengembangan nilai-nilai kebangsaan.

“Melalui pemanfaatan wawasan kebangsaan kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan dan cinta tanah air kita” tutur Rubiyanto.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 3 =