Kendal  

Dico Upayakan Pembangunan Pelabuhan Kendal Segera Terealisasi

KENDAL, lintasjateng.com – Bupati Kendal Dico M Ganinduto terus berupaya mendorong Pemerintah Pusat maupun Provinsi agar segera merealisasikan pembangunan pengembangan pelabuhan Kendal. Mengingat nantinya pelabuhan tersebut dapat mendukung sarana dan prasarana Kawasan Industri kendal (KIK), yang sudah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

Bupati Kendal menyampaikan, untuk itu pihaknya bersama dinas terkait mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI di Jakarta beberapa hari lalu untuk mengikuti Rapat Koordinasi terkait rencana pembangunan Pelabuhan Kendal.

“Alhamdulillah ada titik terang. Pelabuhan Kendal itu harus jalan karena sudah masuk Perpres. Sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional, yang artinya sudah perintah presiden dan harus dijalankan,” tegasnya, Rabu 12 April 2023.

Baca Juga  Sat Polairud Polres Kendal Beri Imbauan Pengunjung Pantai

Diungkapkan, saat ini sudah ada investor yang bersedia berinvestasi untuk pembangunan pelabuhan tersebut. Sehingga dirinya terus berupaya bagaimana mendorong Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi agar segera merealisasikan investasi pelabuhan yang ada di Kendal.

“Ini bukan membangun menggunakan APBN atau APBD. Tapi ini menggunakan swasta yang dimana investornya sudah siap untuk berinvestasi,” ungkap Dico.

Sehingga, menurur Dico perlu adaya beberapa hal yang harus didorong Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dengan memberikan berbagai kemudahan agar pembangunan Pelabuhan Kendal dapat segera terealisasi.

“Yang pertama investasi harus kita berikan kemudahan. Sehingga saya mengawal dan memastikan langsung bahwa kemudahan diberikan Pemerintah Pusat maupun Provinsi,” imbuhnya.

Baca Juga  Pemkab Kendal Wujudkan Pemerataan Pembangunan

Dico membeberkan, dalam pengembangannya nanti, Pelabuhan Kendal akan diarahkan menjadi pelabuhan smart logistic di Pulau Jawa dan pembangunan infrastruktur pelabuhan Kendal diharapkan memberikan dampak positif, bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah secara keseluruhan.

“Jadi presiden kan sudah menyampaikan bahwa eksport harus kira dorong, dan Kendal inilah salah satunya yang bisa mendorong eksport. Dimana tahun 2022 itu total eksportnya sudah naik sekian kali lipat dibandingkan tahun tahun sebelumnya,”beber Bupati.

Dico berharap, pembangunan pelabuhan Kendal yang diperkirakan nilai investasinya mencapai sekitar 5 triliun ini dapat segera terealisasi. Terutama untuk mendorong investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Kabupaten Kendal. Sehingga juga dapat meningkatkan devisa negara.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 + = 47