Kendal  

Dispertan Kendal Mulai Gencarkan Pengawasan dan Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban

KENDAL, lintasjateng.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Kendal telah menyiapkan beberapa langkah sebagai upaya penjaminan kesehatan, keamanan dan kelayakan daging kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2023.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dispertan Kendal, Puji Yuwono saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 12 Juni 2023 mengatakan, menjelang Idul Adha 2023 ini pihaknya bakal menggencarkan pengawasan kesehatan hingga sosialisasi tata cara penyembelihan hewan kurban sebagai upaya penjaminan kesehatan, keamanan dan kelayakan daging kurban.

“Diantaranya kami mengeluarkan surat edaran yang akan diberikan ke kecamatan se-Kabupaten Kendal untuk selanjutnya diteruskan ke desa, masjid maupun tempat-tempat penyembelihan hewan kurban,” terang Puji Yuwono.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk pengecekan dan monitoring di peternakan, penggemukan, atau pengepul-pengepul dengan menyiapkan 38 personel termasuk kepala dinas dan sembilan dokter hewan, yang akan diefektifkan mulai tanggal 27 Juni 2023.

Baca Juga  Disdukcapil Luncurkan Si-KIAN Kartu Identitas Anak

“Intinya golnya kita menghasilkan daging kurban dengan kriteria ASUH yaitu aman, sehat, utuh dan halal sesuai fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia),” ungkap Puji Yuwono.

Sementara terkait penyakin hewan ternak, menurut Puji saat ini di Kabupaten Kendal sudah terbebas dari kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD). Namun demikian pihaknya tetap memperketat kewaspadaan terkait lalu lintas hewan ternak jenis sapi, kambing, domba maupun kerbau yang masuk ke Kabupaten Kendal.

“Kalau di Kendal ini sudah terkondisikan. Hanya saja kan masih ada lalu lintas. Kita akan awasi juga. Termasuk syarat-syarat hewan kurban dari luar daerah yang masuk ke Kendal ini harus sudah vaksin,” imbuhnya.

Sementara, Sub Koordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, pada Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, drh Septiana Wulandari menyampaikan, pihaknya telah menyediakan link untuk panitia kurban terkait pendaftaran penyelenggaraan kurban di berbagai titik di 20 kecamatan di Kendal.

Baca Juga  Hebat, Kendal Sabet 36 Medali di Kejuaraan Taekwondo Piala KONI Pusat 2022

“Nanti dari kecamatan ke desa nanti biasanya Pak Carik yang buka link dan mengisi google foam. Atau petugas kita sudah punya catatan terus keliling. Mulai hari H itu kita sudah menerima laporan berapa jumlah pemotongan,” bebernya.

Ditambahkan, menurut data tahun lalu pelaksanaan dari 20 kecamatan di Kabupaten Kendal dengan total sebanyak 13.333 hewan kurban yang dilakukan pemotongan di 1.947 titik.

“Dari jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 2.883 ekor sapi, 8.994 ekor kambing, 19 ekor kerbau dan 1.587 ekor domba. Tidak semua titik dapat kita pantau karena keterbatasan tim yang hanya ada sembilan dokter hewan, 12 sarjana peternakan, para medis ada 12 orang, dan sisanya lima adalah sarjana pertanian yang telah mengikuti pelatihan,” imbuh drh Septiana.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 6 = 1