Kendal  

Ketua PAC Gerindra Pegandon Sisca Meritania Gandeng Komunitas Motor Ziarah Makam Wali

KENDAL, lintasjateng.com – Ziarah ke makam orang tua maupun kerabat telah menjadi tradisi yang banyak dilakukan masyarakat Muslim menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Tradisi ziarah makam menjelang bulan puasa juga dilakukan para kader dan simpatisan Partai Gerindra Kabupaten Kendal. Salah satunya oleh Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Pegandon, Sisca Meritania pada Minggu 19 Maret 2023.

Bahkan, Sisca Meritania juga menggandeng Komunitas YRKC (Yamaha RX-Series Kendal Club), menggelar kegiatan Touring Ziarah Makam Wali di Kabupaten Kendal.

Kegiatan diawali ngobrol dan sharing bareng para anggota komunitas sepeda motor di rumah salah seorang warga di Desa Bulugede Kecamatan Patebon.

Sisca menjelaskan, touring ziarah makam ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba. Dirinya menggandeng Komunitas YRKC dengan tujuan menambah tali silaturahmi, sekaligus mengingatkan kepada generasi muda bahwa di Kendal banyak makam ulama besar.

“Ziarah ke makam ini kan juga menjadi tradisi kita menjelang bualan puasa. Kita berharap melalui kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi. Dan menjadi momentum yang bagus untuk mengajak generasi muda berziarah di makam para sesepuh Kendal,” ujarnya.

Baca Juga  Polres Kendal Berikan pelatihan Bhabinkamtibmas Hadapi Ancaman Pemilu 2024

Sisca memaparkan, ada beberapa kegiatan touring bersama para pemuda yang tergabung dalam komunitas YRKC untuk mengunjungi beberapa makam para wali yang ada di Kendal dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadan.

“Kita bareng-bareng touring bersama teman-teman komunitas motor di Kendal mengunjungi makam Mbah Tunggul di Desa Bulugede, Patebon, Makam Sunan Abinawa, di Desa Pekuncen, Pegandon dan Makam Kiai Gembyang di Patukangan, Kendal,” papar Sisca.

Sesampainya di makam Mbah Tunggul, Bulugede, Sisca terlihat membersihkan makam. Selanjutnya bersama-sama rombongan menggelar doa bersama, dipimpin oleh ustad setempat.

Ketua PAC Gerindra Pegandon Sisca Meritania bersama Komunitas Motor YRKC saat kegiatan Ziarah Makam Wali, Minggu ,(19/3/2023)
Ketua PAC Gerindra Pegandon Sisca Meritania bersama Komunitas Motor YRKC saat kegiatan Ziarah Makam Wali, Minggu ,(19/3/2023)

Koordinator YRKC, Bondan mengatakan, dirinya dengan komunitasnya yang beranggotakan 60 orang ini menyambut baik kegiatan yang digelar Ketua PAC Gerindra Pegandon tersebut.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini masyarakat mengetahui bahwa banyak kegiatan positif yang dilakukan komunitas sepeda motor terutama YRKC. Dirinya juga berharap, komunitasnya kembali digandeng dalam kegiatan sosial maupun keagamaan lainnya.

“Kami dijalan itu bukan arogan. Kita juga punya agenda kegiatan yang baik. Harapan kami bukan hanya kegiatan ini saja. Kita bisa melaksanakan kegiatan sosial di bulan suci Ramadhan lainnya. Seperti bagi-bagi takjil, bakti sosial, maupun tarawih keliling,” harapnya.

Baca Juga  Gerindra Kendal Siap Menangkan Kadernya di Pilkada dan Pilgub 2024

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kendal, Mifta Reza mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kadernya menjelang bulan suci Ramadhan ini. Terlebih kegiatan ziarah makam dilaksanakan dengan menggandeng komunitas sepeda motor.

“Hal yang sangat baik sekali. Apalagi dilaksanakan bersama teman-teman komunitas sepeda motor. Sehingga masyarakat juga tau bahwa tidak selamanya komunitas motor itu negatif. Namun banyak juga kegiatan positif yang dilakukan mereka salah satunya kegiatan touring ziarah makam ini,” beber Mifta Reza.

Mifta Reza yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ini juga berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin yanh dilaksanakan para kader maupun simpatisan Partai Gerindra di Kabupaten Kendal.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi rutinitas yang baik yang selalu dilakukan. Alhamdulillah di Kendal, tradisi ziarah makam menjelang bulan puasa. Namun tetap dengan memprioritaskan ziarah makam leluhur dan keluarga terdekat dulu,” tutupnya.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 16 =