Kendal  

Launching “Jarimu Awasi Pemilu”, Bawaslu Kendal Ajak Masyarakat Ikut Berperan Dalam Pengawasan Pemilu 2024

KENDAL, lintasjateng.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal menggelar Apel Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024” di Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK), Selasa 14 Februari 2023.

Kegiatan yang digelar tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024 ini diikuti masyarakat dari berbagai unsur serta para mahasiswa.

Koordinator Divisi SDM-O-Diklat Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin mengungkapkan, Apel Siaga yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Dijelaskan pada Apel Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 ini Bawaslu Kendal melaunching dua program.

“Hari ini kita melaunching dua agrnda dalam rangka siaga pengawasan menuju satu tahun pemilihan untuk Pemilu 2024,” ujarnya.

Arif memaparkan, dua program tersebut yakni Komunitas Digital “Jarimu Awasi Pemilu” dan Posko Kawal Hak Pilih.

Baca Juga  Rangkaian HUT Bhayangkara, Kapolres Kendal Anjangsana ke Rumah Purnawirawan Polri

“Komunitas Digital Jarimu Awasi Pemilu” ini dimana masyarakat umum bisa menjadi partisipasi disana untuk mengawasi jalannya pemilu melalui website Jarimu Awasi Pemilu,” paparnya.

Sedangkan untuk launching Posko Kawal Hak Pilih ini adalah launching posko yang ada di setiap Kantor Bawaslu maupun Panwaslu sebagai tempat untuk mengawal hak pilih masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal.

“Karena hak pilih merupakan hak yang dilindungi dan penting. Sehingga melalui posko ini diharapkan masyarakat memberikan masukan bilamana misalnya ada hak pilih yang belum diberikan atau belum tercover dalam data hak pilih,” harap Koordinator Divisi SDM-O-Diklat Bawaslu Kendal.

Ditambahkan, dalam kegiatan pengawasan, pihaknya juga melibatkan mahasiswa sebagai salah satu bagian dari pengawas partisipatif dari unsur pelajar.

Baca Juga  Mayat Ditemukan Nelayan Bandengan, Diduga Korban Kapal Tenggelam di Perairan Semarang

Ketua STIK Kendal, Ahmad Tantowi menyampaikan, keterlibatan mahasiswa dalam program “Jarimu Awasi Pemilu” ini sangat penting. Karena menurutnya mahasiswa lebih lincah dalam penggunaan media digital.

“Dan “Jarimu Awasi Pemilu” sangat bagus dan efektif. Dampaknya terutama bagi teman-teman Panwaslu, karena banyak masyarakat yang dapat berpartisipasi didalamnya,” ungkap Ahmad Tantowi.

Sementara, salah seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK), Sekar Noviliana Putri mengatakan, dirinya siap ikut berperan aktif dalam pengawasan Pemilu 2024 melalui website Jarimu Awasi Pemilu.

“Menurut saya ini program yang sangat baik. Kami sebagai mahasiswa juga bisa ikut berperan dalam pengawasan Pemilu 2024. Harapannya nanti kami bisa membantu Bawaslu dalam mengawasi kegiatan pemilu,” tandasnya.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 − = 25