Kendal  

Lestarikan Olahraga Tradisional, 550 Guru Lomba Balap Karung hingga Egrang

KENDAL, lintasjateng.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) menggelar lomba olahraga tradisional di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Rabu 3 Juli 2024.

Lomba diikuti sekitar 550 Tenaga Pendidik dari jenjang PAUD hingga SMA sederajat. Adapun cabang olahraga yang dilombakan meliputi, balap karung, tarik tambang, terompah panjang, gobak sodor, lari balok, dan egrang.

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid menjelaskan, seiring dengan berkembangnya teknologi dan pengaruh budaya asing hingga maraknya permainan modern di smartphone saat ini, maka perlu dilakukan upaya melestarikan olahraga tradisional yang merupakan kekayaan budaya tradisional agar semakin lama tidak semakin tergerus.

Baca Juga  Pengunjung di Objek Wisata Nglimut, Dimudahkan Transaksi Melalui Aplikasi QRIS Bank Jateng

“Ini untuk melestarikan olahraga tradisional di Kabupaten Kendal. Karena olahraga tradisional kan sudah mulai terlupakan terutama para generasi sekarang yang lebih cenderung memainkan game-game dari aplikasi smartphone dan lain sebagainya,” ujar Kepala Disporapar.

Selain bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional, kegiatan inu juga sebagai upaya mencetak bibit-bibit atlet baru untuk diikutkan lomba olahraga tradisional tingkat provinsi maupun nasional.

Baca Juga  Sembilan Kecamatan di Kendal Terendam Banjir

Ketua KORMI Kendal, Dwi Cahyono Suryo menjelaskan, melalui lomba olahraga tradisional yang diikuti para tenaga pendidik ini dapat diteruskan dan dilestarikan kepada para anak didiknya. Sehingga juga dapat menumbuhkembangkan kegemaran olahraga di lingkungan pendidikan atau di sekolah yang ada di Kabupaten Kendal.

“Karena nantinya para guru-guru akan meneruskan kepada para muridnya sehingga olahraga tradisional ini tidak akan dilupakan dan tetap dilestarikan,” harapnya.(win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − = 15