Kendal  

Pantai Indah Kemangi Dapatkan Bantuan Fasilitas Gardu Pandang dan Gapura Selamat Datang

KENDAL, lintasjateng.com – Meski telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Kendal, Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal terus melakukan pengembangan. Salah satunya dengan melakukan penambahan fasilitas berupa gardu pandang dan gapura selamat datang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo menyampaikan, penambahan fasilitas di Pantai Indah, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung tersebut merupakan bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam rangka mewujudkan Dewi Bahari Desa Wisata Bahari di Kabupaten Kendal.

“Bantuan ini sifatnya berkelanjutan, untuk tahun ini dibuat gapura dari batu bata yang nantinya akan menjadi ciri khas Pantai Indah Kemangi. Kemudian gardu pandang ini merupakan titik untuk para penginjung bisa melihat sekeliling dan berfoto, yang harapannya dapat menjadi branding Pantai Indah Kemangi,” terang Hudi Sambodo.

Baca Juga  Apel Bersama Bulan September, Pemkab Berikan Bantuan Hibah Air Minum dan Sanitasi Kepada 10 Pokmas

Kepala Desa Jungsemi, Dasukimengungkapkan, pembangunan kedua fasilitas tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga dengan anggaran total mencapai Rp 370 juta.

“Anggarannya di dua titik itu kita dapat Rp 370 juta. Pelaksanaan dari pihak ketiga. Kami selaku penerima hanya menerima barang jadi. Untuk menara pandang ini ada empat lantai, nanti rencananya kita akan lengkapi dengan teropong agar pengunjung bisa menikmati pemandangan,” paparnya.

Namun demikian adanya penambahan dua fasilitas tersebut, menurut Dasuki masih banyak fasilitas yang harus diupayakan untuk mendukung kelengkapan dan pengembangan Pantai Indah Kemangi.

“Untuk kelengkapan fasilitas, saya kira belum mencukupi, masih banyak fasilitas yang harus kita upayakan. Mudah-mudahan kerjasama antar pihak dapat mencukupi fasilitasnya,” imbuh Dasuki.

Baca Juga  SMP Kanisius Weleri Berkomitmen sebagai Sekolah Ekologis dan Filantropis

Terkait akses jalan menuju Pantai Indah Kemangi yang sudah mulai rusak, pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki dengan berupaya menganggarkan melalui anggaran dana desa pada 2024 mendatang.

“Insyaallah nanti 2024, kita akan perbaiki. Sumber anggaran kita sedang upayakan melalui anggaran dari Kabupaten maupun dana desa. Pokoknya nanti kita upayakan,” tandasnya.

Dasuki berharap, dengan pengembangan yang dilakukan, Pantai Indah Kemangi dapat menjadi destinasi wisata yang digemari pengunjung. Serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Desa Jungsemi.

“Kebijakan yang sudah berjalan dari pendapatan yang didapat dari Pantai Indah Kemangi ini, alhamdulillah manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yaitu untuk subsidi pendidikan madrasah diniyah dan kegiatan sosial,” beber Kades Jungsemi.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 21 = 30