Kendal  

Perpusda Kendal Tercatat Rekor MURI Perpustakaan Terluas Tingkat Kabupaten

KENDAL, lintasjetang.com РPerpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal mendapatkan Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Gedung Perpustakaan Terluas Tingkat Kabupaten. Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan peresmian dan pembukaan gedung perpusda, Selasa sore, 29 Agustus 2023.

Perwakilan Muri, Sri Widayati mengatakan, gedung perpusda Kendal merupakan gedung terluas tingkat kabupaten. Selain itu Perpusda juga memiliki nilai lebih, diantaranya desain dan fungsional yang tidak hanya mensupport kebutuhan masyarakat dalam layanan membaca, namun juga mensupport dalam layanan creative hub bagi kegiatan positif masyarakat.

“Kemudian, sebagian menggunakan material kaca. Sehingga kekinian dan hemat energi dalam pencahayaan. Luas bangunan juga merupakan yang terluas dibandingkan dengan perpustakaan daerah serupa yang ada di kabupaten/kota,” terangnya.

Dirinya memaparkan, bahwa gedung Perpusda terdiri dari dua lantai. Dengan luas tanah 4.060 meter persegi. Luas bangunan lantai satu 1.132 meter persegi serta lantai dua seluar 932 meter persegi.

Baca Juga  Tanpa Pandang Bulu, Polda Jateng Siap Berantas Perjudian

“Semoga keberadaan perpustakaan modern ini menjadi jembatan kualitas sumberdaya manusia khususnya untuk Kabupaten Kendal. Hari ini kami mengumumkan dan mengesahkan bahwa gedung perpustakaan terluas untuk tingkat kabupaten resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia yang ke 11.185,” papar Sri Widayati.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengaku bangga dapat memperoleh penghargaan dan memecahkan rekor MURI sebagai perpustakaan terluas tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

“Kalau saya mengklaim ini gedung perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia,” ujar Dico.

Menurut Dico, selain untuk tempat membaca, gedung perpusda memiliki banyak fasilitas. Diantaranya tempat untuk generasi muda belajar atau menyelesaikan tugas, selain itu juga ada ruang podcast.

Baca Juga  Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Dandim bersama Bupati Kendal Tanam Mangrove dan Bersihkan Pantai Indah Kemangi

“Dan tentunya juga ada beberapa tempat yang kita siapkan, seperti ruang meeting, ruang pertemuan dan juga ruang audio visual yang insyaallah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan dampak positif dari pembangunan perpusda Kendal,” terangnya.

Bupati menambahkan, dengan adanya gedung perpusda menjadi titik awal dari pembangunan di Kendal dengan standart yang tinggi. Dengan harapan dapat memberikan pembangunan yang terbaik di Kabupaten Kendal.

“Bukan pembangunan yang asal
-asalan yang penting jadi tapi pembangunan yang dapat meningkatkan kualitas dari pada sumberdaya manusia. Mudah-mudahan perpusda merupakan salah satu ikonik di Kendal dan bangunan ini bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat,” imbuh Dico.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan dari MURI serta penobatan Chacha Frederica sebagai Duta Literasi Kabupaten Kendal. (Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 15 = 18