Kendal  

Petugas Lakukan Pembersihan Sampah di Kali Masjid Agung Kendal

KENDAL, lintasjateng.com – Tumpukan sampah pasca banjir yang menutup aliran sungai di Kali Masjid Agung Kendal dibersihkan 100 petugas gabungan, Kamis, 5 Januari 2023.

100 petugas pembersihan sampah terdiri dari petugas Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, Pusdataru Provinsi Jawa Tengah dan perwakilan pemuda Masjid Agung Kendal.

Kegiatan diawali apel pagi dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Sugiono, didampingi Plt Kepala DPUPR Kendal, Sudaryanto, Camat Kendal, Rosyada.

Sekda Kendal, Sugiono menjelaskan, banjir yang terjadi beberapa hari kemarin membawa sampah yang menyumbat gorong-gorong di Kali area Masjid Agung Kendal. Sehingga perlu dilakukan pembersihan supaya aliran sungai kembali lancar.

Baca Juga  Polisi Gelar Rekontruksi Penemuan Mayat di Pantura Kendal Korban Tawuran

“Banjir ini kan membawa banyak sampah, jadi harus segera dibersihkan, agar tidak mengendap dan menyumbat gorong-gorong area masjid Agung Kendal,” ujar Sugiono.

Dirinya berpesan kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir terjadinya banjir.

Sementara itu, Koordinator Limbah DPUPR Kendal, Dwi Heru Santoso mengatakan, banyak sampah seperti ranting pohon hingga kasur yang hanyut akibat banjir dan akhirnya tersangkut dibawah gorong-gorong.

Baca Juga  Program Karya Bakti Mandiri, Kodim 0715/Kendal Bangun Jalan di Kalirejo Kangkung

“Pembersihan sampah ini kami ambil sampah besar seperti kayu yang hanyut di kali, bahkan juga ada kasur yang tersangkut. Agar sungainya tidak mampet,” terang Heru.

Usai dibersihkan, menurut Heri sampah kemudian diangkut menggunakan dump truck pengangkut sampah dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono.

“Sampah ini di angkut selanjutnya akan di buang di tempat pembuangan akhir yang berlokasi di Darupono Kaliwungu,” ungkapnya.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 49 = 55