Kendal  

Program Ikan Selayar, 20 Life Jacket Dibagikan di Pantai Indah Kemangi

KENDAL, lintasjateng.com – Polres Kendal melaksanakan Program Ikan Selayar (ikut andil keselamatan berlayar) dengan membagikan 20 life jacket kepada pengelola wisata Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Rabu 8 Maret 2023.

Program Ikan Selayar merupakan program dari Polda Jawa Tengah yang dilaksanakan serentak. Yang terbentuk dari rasa keprihatinan atas terjadinya musibah kecelakaan laut/air diwilayah jajaran Polda Jateng.

Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam mengatakan, hingga kini angka kecelakaan di perairan di Jawa Tengah masih tinggi. Menurutnya faktor penyebab kecelakaan karena kurang pedulinya masyarakat dengan keselamatan di perairan.

Baca Juga  Polres Kendal Siapkan 600 Polisi RW

“Bisa jadi perahu atau kapal yang melebihi kapasitas, tidak menggunakan jaket penyelamat atau pelampung dan juru mudi yang tidak kompeten,” katanya.

Dirinya menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan warga dapat memahami dan mengerti tentang keselamatan di perairan khususnya di tempat wisata air dan pantai. Pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan, salah satunya dengan memberikan batas jangkauan masyarakat yang akan bermain di pantai guna mengurangi resiko kecelakaan.

Baca Juga  Pemkab Pasang Tanggul Darurat di Perumahan RSS Kendal

“Jadi pengawasannya bisa dilakukan petugas yang ada di lokasi baik TNI AL, Polairud ataupun pengelola dan Tim SAR,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Jungsemi, Dasuki menyebutkan dari mulai dibuka hingga sekarang tidak ada kecelakaan laut di Pantai Indah Kemangi. Menurutnya, hal ini berkat kesigapan pengelola dan petugas yang berjaga untuk memberikan arahan agar selalu menjaga keselamatan diperairan.

“Kita selalu menyiapkan relawan yang akan membantu pengunjung dan memberikan peringatan jika terjadi cuaca yang tidak memungkinkan,” tandasnya. (Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 1 =