Kendal  

Siap Gelar Baksos, FK Prestalindo Rangkul PWO Kendal

LINTASJATENG, KENDAL-  Forum Komunikasi Praktisi Lingkungan Hidup Indonesia (FK Prestalindo) Jawa Tengah bersama Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) dan Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Kabupaten Kendal, rencananya akan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Kabupaten Kendal.

Acara yang digelar pada Minggu (27/2/2022) tersebut bertemakan “Gerakan Relawan Jawa Tengah Gotong Royong dan Bakti Sosial Untuk Kendal Sejahtera Menuju Indonesia Makmur” dilaksanakan di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Adapun kegiatan yang akan digelar nanti diantaranya, launching prospek agribisnis tanaman Stevia, penanaman dan pembagian 900.000 bibit, bersih-bersih lingkungan dan pencanangan desa bersih sampah, serta pelepasan burung 3.000 ekor.

Selain itu juga diisi dengan baksos khitan modern super ring untuk 150 anak dan perawatan luka kulit 900 orang, semua secara gratis.

Acara juga diisi dengan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 m, pameran UMKM, bimbingan teknis bisnis budidaya tanaman Stevia di Indonesia, serta acara gowes bareng.

Rencananya, acara akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Lingkungan hidup Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, serta Forkopimda Kabupaten Kendal.

Direktur FK Prestalindo Jawa Tengah, Supiyat Nasir mengatakan, Prestalindo telah mempersiapkan acara tersebut sejak dua tahun yang lalu.

Menurutnya, ini bukan pertama kalinya Prestalindo mengadakan kegiatan spektakuler ini. Bahkan, pada tanggal 20 Maret 2022, FK Prestalindo rencananya juga akan menggelar acara kegiatan di Cilacap, yang nantinya di hadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga  Ketua Baru Forsekdesi Diharapkan Dapat Merangkul Semua Pihak

Supiyat Nasir mengungkapkan, dirinya ingin semua masyarakat supaya peduli akan lingkungan.

Menurutnya, lingkungan yang bersih dengan membudayakan  membuang sampah pada tempatnya, mensosialisikan tanaman Stevia sebagai salah satu komoditi ketahanan pangan, menginovasi desa dengan mengoptimalkan peluang yang ada sesuai kearifan lokal.

“Selain itu kami juga ingin mendongkrak kemampuan serta aset daerah agar lebih berdayaguna dan berhasil guna,” jelas Supriyat Nasir.

Ditambahkan, dalam memanfaatkan lahan dan potensi lainnya, agar lebih produktif sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

“Semoga apa yang menjadi program kami dapat terlaksana dengan lancar,  kami juga akan  melakukan kegiatan secara berkala, merata dan kami berharap pemangku wilayah sebagai penentu kebijakan serta dapat bersinergi dengan kami,” imbuh Supriyat Nasir.

Disela sela kesempatannya, Kepala Bidang Kesehatan Quartila Daryati menyampaikan, saat ini pihaknya sudah temukan metode khitan paling hit, yaitu super ring.

“Keunggulannya adalah nyaman dan ramah dengan anak. Kalau yang dulu rasa sakitnya sangat tinggi sehingga menimbulkan trauma pada anak,” terangnya.

Selain menggunakan metode super ring, lanjut Daryati, pihaknya juga tidak menggunakan jarum suntik ataupun jahit. Karena setelah di khitan anak-anak bisa langsung main, renang dan sekolah.

“Anak tidak perlu takut lagi untuk khitan dan orang tua pun tidak repot-repot untuk merawatnya. Perlu diketahui bahwa alat ini dari Amerika dengan nano spray yang disemprotkan ke leher penis dengan tekanan tinggi sehingga tidak menimbulkan nyeri,” jelasnya

Baca Juga  Dinarpus Kendal Gencarkan Layanan Jemput Bola Duplikasi Arsip Keluarga

“Sistem khitannya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Disini kami ingin mengkampanyekan metode King Ring yang sangat minim nyeri dan pendarahan agar anak-anak tidak takut untuk khitan,” imbuh Daryati.

Sementara itu, Ketua DPW I Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) Jawa Tengah, Harna Gatot berharap, acara bakti sosial yang diadakan oleh FK Prestalindo Jawa tengah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan alam.

“Tentunya sangat menginpirasi kita, untuk selalu mencintai lingkungan. Acara ini tidak hanya di Kendal,  akan tetapi Kabupaten Cilacap juga akan kita laksanakan bakti sosial. Kami berharap setiap elemen masyarakat yang cinta Indonesia mendukung setiap upaya Prestalindo dalam  melaksanakan kegiatan Bakti sosial ini,  yang muaranya adalah untuk kepentingan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Suroto Anto Saputro selaku Ketua  Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Kabupaten Kendal mengucapkan terima kasih kepada Direktur Prestalindo Jawa Tengah atas kepercayaannya terhadap PWO Kendal, yang akan melibatkan dalam kegiatan bakti sosialnya. 

“Semoga hubungan kemitraan dan kerjasama kita bisa berjalan  dengan baik, sesuai dengan harapan,” ujar Ketua PWO Kendal. (Mash)

Keterangan foto : Deklarasi Perkumpulan Wartawan Online Kabupaten Kendal beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

84 − = 74