Kendal  

TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0715/Kendal Bangun Jalan Terisolir di Ngesrepbalong

KENDAL, lintasjateng.com – Kodim 0715/Kendal kembali melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2023. Dengan lokasi Desa Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal yang terdapat sebuah dusun yang masih terisolir dan memerlukan fasilitas maupun sarana prasarana guna peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023, dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” dilaksanakan di Lapangan Desa Margosari Kecamatan Limbangan, Rabu 10 Mei 2023.

Hadir sebagai Pimpinan Upacara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Dan diikuti Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, Camat Limbangan, Alfebian Yulando.

Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, menyampaikan, TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023 ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei 2023 hingga 8 Juni 2023. Ada dua sasaran yakni sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pengecoran jalan sepanjang 510 meter, lebar 4 meter dan tinggi 12 sentimeter.

Baca Juga  Konten Kreator Rio Efrian Meriahkan Pasar Ramadhan Water Six Weleri

“Sasaran non fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan stunting, penyuluhan pengelolaan sampah dan penyuluhan pariwisata,” papar Dandim 0715/Kendal.

Ditambahkan, adapun pembiayaan total Rp 385 juta yang bersumber dari Dana APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 165 juta, APBD Kabupaten Kendal Rp 200 juta serta swadaya masyarakat sebesar Rp 20 juta.

“Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023 bertujuan untuk dapat memperlancar transportasi, memperlancar roda perekonomian desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,”

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memimpin upacara, mengapresiasi Dandim Kendal dan seluruh jajarannya serta masyarakat sekitar yang telah bergotong royong bersama-sama membangun desa melalui TMMD. Menurutnya infrastruktur harus segera diselesaikan dari tingkat kabupaten sampai desa.

“Sehingga upaya-upaya inovasi seperti kegiatan TMMD ini terus harus kita lakukan agar pembangunan infrastruktur kedepan bisa semakin cepat kita selesaikan,” jelas Dico.

Baca Juga  Tidak Ada Konflik, Musdessus Kades PAW Kebonharjo Berjalan Lancar

Dico juga berterima kasih karena pada kegiatan TMMD juga diselingi dengan kegiatan-kegiatan sosial diantaranya penyuluhan tentang stunting. Ia juga berharap, pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023 ini bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Tentunya penyuluhan stunting ini juga sangat penting dalam rangka untuk bisa meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Kendal,” tandasnya.

Pelaksanaan progran TMMD juga mendapatkan apresiasi dari warga setempat. Salah satunya adalah Sangirun warga Desa Ngesrepbalong, yang mengaku meerasa senang karena jalan alternatif menuju ke kampung Medini dan Promasan yang selama ini belum pernah terjangkau pembangunan kini dibangun.

“Kami sangat antusias dalam proses pengerjaanya bersama TNI, sekali lagi terima kasih kepada kodim dan pemkab Kendal yang sudah membangun jalan desa kami”, pungkasnya.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 − 20 =