Kendal  

Bupati Kendal Apresiasi Penanaman Bibit Pohon di Lereng Gunung Ungaran

KENDAL, lintasjateng.com- Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon menggelar penanaman 1300 bibit pohon di lereng Gunung Ungaran kawasan kebun teh Promasan Limbangan, Minggu 22 Januari 2023.

Kegiatan penanaman dikawasan lereng Gunung Ungaran ini merupakan kegiatan rutin yang kerap diselenggarakan oleh komunitas Pendaki.

Ketua panitia penyelenggara Mamik mengatakan, meski sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Tahun ini Komunitas 1001 Pendaki Tanam Pohon menanam sekitar 1300 bibit pohon. Dan kegiatan ini adalah kegiatan menanam ke-7.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa kembali kita laksanakan, karena sempat kita berhenti karena adanya pandemi kemarin. Dan ini menjadi berarti kegiatan ke-7 kita,” ujar Mamik.

Dijelaskan, sebagai persiapan, pihaknya telah melakukan pembersihan jalur menuju lokasi penanaman selama 3 bulan lebih.

Baca Juga  Ketua PAC Gerindra Pegandon Sisca Meritania Gandeng Komunitas Motor Ziarah Makam Wali

“Kita melakukan persiapan ini sudah tiga bulan yang lalu, kita mencoba membersihkan jalan menuju lokasi dari semak – semak. Alhamdulillah semua selesai tepat waktu, para pendaki juga masih memiliki animo yang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya,” jelasnya.

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto memberikan apresiasi atas terlaksananya aksi penanaman ribuan pohon tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya justru berterima kasih kepada komunitas ini karena saat ini masih ada yang perduli dengan lingkungan. Perlu diketahui beberapa waktu sebelumnya kita mengalami banjir tentu itu menjadi sebuah tanda bahwa kita harus peduli dengan lingkungan,” terang Dico M. Ganiduto.

Baca Juga  Hadapi Rakerkab 2023, ISSI Kendal Gelar Rapat Teknis

Pihaknya juga menyampaikan bahwa tidak ada instansi yang dapat menanganani bencana apabila sendiri, kolaborasi tentu menjadi faktor utama dalam menangani suatu permasalahan.

“Jadi kegiatan ini merupakan langkah dalam mencegah bencana yang ada di Kendal dengan memperhatikan dari segi pegunungan, hal ini tentu mengingat adanya daerah resapan yang menjadi perhatian semua pada musim penghujan,” jelas Dico M. Ganinduto.

Bupati mengharapkan dengan adanya kegiatan positif yang memperdulikan lingkungan untuk tahun berikutnya, dapat dilakukan satu tahun dua kali.

Sementara pada 1300 bibit pohon yang ditanam terdiri dari 9 jenis diantaranya adalah Buah – buahan dan kayu keras, salah satu yang berbeda pada bibit tahun ini adanya bibit kayu putih.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 + = 69