Kendal  

Gelombang Tinggi, Tiga Ribu Perahu Nelayan Tidak Melaut

KENDAL, lintasjateng.com – Sekitar 3000 an perahu di Kabupaten Kendal tidak bisa melaut akibat cuaca ekstrem dan gelombang laut yang tinggi yang terjadi dalam sepekan ini.

Hal ini diungkapkan, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kendal, Triono saat dikonfirmasi pada Selasa (27/12/2022). Triono menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi saat ini termasuk kategori musim paceklik bagi para nelayan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Dengan cuaca seperti ini, kalau bagi para nelayan ya masuk musim paceklik, mengingat cuaca ekstrim kalau mau melaut juga berisiko,”ujarnya.

Baca Juga  Jadi Partai Pertama Yang Mengajukan Calonnya, PKS Kendal Penuhi 100 Persen Bacalegnya

Di Kampung Nelayan Kelurahan Bandengan Kabupaten Kendal, terlihat perahu-perahu berjejer. Hampir sebagian besar nelayan tidak melaut. Seperti salah seorang nelayan dari Kelurahan Bandengan, Mansyur yang mengatakan dirinya sudah hampir sebulan tidak mencari ikan dilaut.

“Ya karena cuacanya tidak bersahabat, gelombangnya juga tinggi ya saya tidak berani melaut. Kemarin ada teman yang melaut perahunya terbalik, untung orangnya selamat,” terang Mansyur.

Menurutnya, selain itu akibat gelombang yang besar, nelayan susah mendapatkan ikan. Sehingga hasil tangkapan dengan bahan bakar yang dikeluarkan tidak sepadan.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Kodim 0715/Kendal Gelar Bazar Sembako Murah dan Pelayanan Masyarakat

“Jadi saya memilih berdiam di rumah, menunggu kondisi laut normal kembali untuk melaut sambil cari kerja serabutan,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, saat dimintai tanggapan terkait cuaca ekstrem yang mulai terjadi beberapa hari terakhir di Kendal, mengimbau kepada masyarakat termasuk para nelayan agar terus waspada dan berhati-hati.

“Saat musim hujan seperti yang terjadi belakangan ini, para nelayan perlu mewaspadai gelombang tinggi, saya berpesan untuk sementara tahan diri dulu melaut sampai benar-benar cuaca aman. Ini demi keselamatan diri,” pesan Wabup Kendal.(Win-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

85 + = 89