Kendal  

KIrab Budaya Desa Pekuncen, Warga Ngalap Berkah Rebutan Gunungan

KENDAL, lintasjateng.com – Pemerintah Desa Pekuncen menggelar kegiatan Kirab Budaya dan Sedekah Desa yang bertujuan untuk melestatikan budaya dan kearifan lokal.

Kirab budaya dengan sejumlah gunungan dan tumpeng yang diarak mengelilingu desa dimulai dari Balai Desa Pekuncen dan finish di Masjid Jami Sunan Abinawa.

Kirab dilepas oleh Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid bersama Kepala Dispermasdes Kendal, Yanuar Fatoni. Didampingi Camat Pegandon, Junaedi.

Kepala Desa Pekuncen, Santoso mengatakan kirab budaya ini sebagai pertanda dimulainya acara Kirab Budaya dan Sedekah Bumi Desa Pekuncen.

Baca Juga  Berbagai Unsur Masyarakat ikuti Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Menurutnya, irab budaya dan sedekah bumi ini juga menjadi upaya daya tarik untuk mempromosikan wisata religi yang ada di Desa Pekuncen.

“Desa Pekuncen sudah dikenal dengan wisata religinya dari dulu. Ada makam Sunan Abinawa yang setiap Jumat Kliwon banyak dikunjungi peziarah. Harapannya nanti bisa dikenal lebih luas lagi,” kata Santoso.

Usai arak-arakan, ribuan warga ramai-ramai berebut gunungan dan tumpengan di halaman masjid dengan tujuan ngalap berkah.

Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengapresiasi event kirab budaya dan sedekah desa Pekuncen. Menurutnya event ini dapat menambah kalender event dan mendongkrang wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kendal.

Baca Juga  Gilga dan Bupati Kendal Lantunkan Lagu Nemen dalam Konser Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

“Harapannya ini bisa menambah kalender event di Kabupaten Kendal dan dapat menjadi salah satu event untuk menarik kunjungan wisata di Kabupaten Kendal. Apalagi Desa Pekuncen ini sudah punya wisata religi makam Sunan Abinawa yang kunjungannya saat ini semakin ramai tidak hanya di malam Jumat Kliwon. Jadi ini bisa menambah variatif,” ujar Kepala Disporapar Kendal.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

92 − = 91