Kendal  

Makin Ramai, Tingkat Kunjungan Perpusda Kendal Capai Hingga Ribuan Perhari

KENDAL, lintasjateng.com – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal makin ramai dan terus dipadati para pengunjung. Terlebih dengan berbagai inovasi seperti Festival Literasi hingga Parade Batik Kendal yang berkolaborasi dengan berbagai pegiat maupun komunitas yang ada di Kabupaten Kendal.

Dengan berkolaborasi dengan Sanggar Gagah Wiraga Kendal, Perpusda menampilkan karya batik asli Kendal yang dikemas dalam Parade Batik Kendal. Dengan mengenakan busana batik asli Kendal, Duta Wisata Sinok Kendal dan Komunitas Model Kendal berlenggang di halaman Perpusda Kendal, Sabtu sore, 9 September 2023.

Founder Sanggar Gagah Wiraga Kendal, Firna Ana Ruriana mengatakan, selain peragaan batik Kendal, dalam kegiatan parade batik tersebut juga dibersembahkan berbagai tarian tradisional. Diantaranya, tari gending dan tari batik ayu.

Baca Juga  Paralegal Komunitas MSI Kendal Sosialisasi Kanal Aduan untuk Pasien TBC

“Ini adalah kolaborasi Sanggar Gagah Wiraga, Sinok Kendal dan Komunitas Model Kendal. Kami mempersembahkan literasi seni untuk bersama-sama membangun Kendal melalui budaya dan literasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, pihaknya akan terus melaksanakan kolaborasi dengan berbagai pihak, sebagai inovasi dalam meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di Kupaten Kendal terutama melalui literasi.

“Perpusda ini sejatinya adalah tempat untuk meningkatkan kapasitas, kecakapan maupun kualitas yang tidak terbatas bersumber dari buku, tapi juga dari sumber-sumber yang lain. Salah satunya ya dari inspirasi-inspirasi pegiat. Kemudian kreatifitas dari para komunitas,” ungkap Wahyu Yusuf Akhmadi.

Baca Juga  Investas KIK Tembus USD 2,55 Milyar, Kendal Bisa Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Jawa Tengah

Dirinya menyatakan sejak dibuka secara resmi pada 29 Agustus 2023 lalu, tingkat kunjungan gedung layanan Perpusda capai angka yang fantastis. Yakni ada sekitar 700 – 1.400 pengunjung setiap harinya.

“Kalau weeksday rata-rata 700 pengunjung perhari. Hari Minggu bisa sampai 1.400 pengunjung. Kalau hari ini sampai ashar sudah ada 848 pengunjung yang mengisi buku tamu,” paparnya.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

52 − 42 =