Kendal  

Masuk Event Internasional, Pemkab Dukung ISSI Gelar “Kendal MTB Bupati Cup Downhill 2023”

KENDAL, Lintasjateng.com – Pemerintah Kabupaten Kendal mengapresiasi dan mendukung event yang digelar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kendal yaitu “Kendal MTB Bupati Cup Downhill 2023”. Apalagi telah resmi terdaftar di Union Cycliste Internationale (UCI) dan diakui sebagai penyelenggara event bertaraf Internasional.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat diminta tanggapan terkait hal tersebut mengungkapkan, pihaknya menyambut baik event yang digelar ISSI Kendal. Menurutnya hal tersebut sudah sesuai dengan harapan.

“Ya itu kan sudah sesuai dengan keinginan dan harapan kita. Mudah-mudahan bisa kita siapkan dengan baik. Karena tahun lalu sudah bagus, tahun ini mudah-mudahan lebih bagus lagi. Nanti kita persiapkanlah,” ujar Bupati usai upacara Hardiknas di Sekolah Genrus Nusantara Boarding School Brangsong, Kendal, Selasa (2/5/2023).

Dico menegaskan, pada prinsipnya, kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan nilai tambah kepada Kabupaten Kendal, seperti kegiatan olahraga, baik tingkat nasional bahkan internasional pasti dari Pemerintah Daerah akan memberikan support.

“Dan kita berupaya, eventnya bisa berjalan lancar. Sehingga ke depannya menjadi event rutin yang diselenggarakan di Kabupaten Kendal,” harap Bupati.

Baca Juga  Ahmed Gomma Pecinta Sepeda Asal Amerika Serikat : Jalur Sepeda di Kendal Pemandangannya Mirip di Bali

Sebelumnya, Ketua Umum ISSI Kendal, Munawir mengatakan, dengan telah terdaftarnya ISSI Kendal di UCI, maka dalam event yang digelar ISSI Kendal bisa diikuti para rider profesional Indonesia, di bawah naungan Indonesian Cycling Federation (ICF).

“Ini merupakan target tertinggi dari kompetisi sepeda dunia. Dari sini diharapkan rider pro Indonesia bisa mengumpul kan point yang akan di pakai untuk mengikuti kejuaraan international yang digelar oleh UCI,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kendal tersebut.

Menurut Munawir, ketatnya rule of game bisa mengajarkan disiplin kepada para rider dan sebagai pengalaman untuk mengikuti kejuaran dunia seperti Mountain Bike UCI World Cup dan World Championship dengam syarat point mencukupi.

“Kami berharap, Kendal MTB Bupati Cup Downhill 2023 bisa makin dikenal oleh khalayak internasional. Dan ada rider international yang bisa hadir dan mengikuti race di Kendal. Selain itu kita juga mengenalkan para hobby downhill untuk bisa dan harapan jenjang balapan dan prestasi tingkat nasional,” ungkapnya.

Baca Juga  Badko LPQ Gelar Festival Anak Sholeh VII

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Sugiono berharap kepada ISSI Kendal, untuk bisa mempersiapkan kegiatan event sesuai standar internasional dan memberikan yang terbaik.

“Melalui event internasional, diharapkan akan berdampak positif bagi perkembangan atlet sepeda dan mengangkat nama Kabupaten Kendal. Selain itu, juga berdampak kepada sektor pariwisata di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid. Menurutnya, ini merupakan sebuah lompatan yang sangat bagus yang dilakukan oleh ISSI Kendal dan pihaknya juga akan mensupport.

Menurutnya, dengan masuknya event ISSI Kendal ke UCI dan diakui sebagai salah satu event internasional, tentunya akan banyak atlet pro level internasional yang datang ke Kendal.

“Sehingga, akan memacu semangat atlet-atlet Kendal untuk meningkatkan kemampuan dan lebih berprestasi. Tidak hanya itu saja, dengan event-event yang digelar, juga akan meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Kendal terutama program sport tourism,” ungkap Ircham. (Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

94 − = 89