Kendal  

Nekat Melaut, Perahu Nelayan di Gempolsewu Terbalik Diterjang Ombak

KENDAL, lintasjateng.com – Nekat melaut, tiga orang nelayan warga Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari Kendal, hanyut diterjang ombak besar. Beruntung ketiga nelayan tersebut berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ketepi Pantai Sendang Sikucing, Kamis, 29 Desember 2022.

Ketiga nelayan tersebut diketahui bernama Sutikno (45) yang berprofesi sebagai seorang jurumudi warga RT 01 RW I Desa Gempolsewu dan dua ABK lainnya yakni, Arifin (50) dan Warsono (43) yang juga warga Desa Gempolsewu.

Kepala DesaGempolsewu, Charmadi menuturkan, ketiga nelayan ini nekat pergi melaut dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Namun sesampainya di tengah laut gelombak ombak sangat besar, ketiganya kemudian memutuskan untuk pulang ke rumah.

Baca Juga  Keluarga Pedagang Pasar Weleri Gelar Aksi Damai, Minta Tempat Berjualan di Lokasi Lama

“Saat mereka mau kembali ke rumah, ombak semakin besar. Sekitar jarak kilometer kilometer dari pantai, perahu mereka terbalik diterjang ombak dan angin kencang. Merekapun terlempar ke laut dan perahu akhirnya tenggelam,” terang Charmadi.

Dijelaskan, beruntung ketiga korban bisa menyelamatkan diri dengan berenang ketepian Pantai Sendang Sikucing.sekira pukul 08.10 WIB. Namun kondisi ketiga warganya tersebut dipenuhi luka memar di sekujur tubuhnya.

“Para korban kemudian ditolong sejumlah warga yang berada di Pantai Sendang Sikucing. Alhamdulillah, meskipun perahu mereka terbalik dan tenggelam diterjang ombak, namun mereka semua selamat,” beber Kades Gempolsewu.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Kendal Setujui Penambahan Kerja Pansus Guna Membahas LKPJ

Menurutnya, ketiga warganya ini nekat pergi melaut karena desakan ekonomi. Ketiga nelayan ini merupakan pekerja. Perahu yang digunakan juga buka milik mereka melainkan milik Sukarto yang juga warga Desa Gempolsewu.

“Mereka nekat melaut karena desakan ekonomi, di rumah sudah tidak ada barang untuk dijual demi memenuhi kebutuhan sehari-hari,” imbuh Charmadi.

Kemudian melihat perahu yang sempat tenggelam menepi ke pesisir pantai karena terdorong ombak, warga langsung bergegas menarik perahu ke pantai.

Namun sayang, perahu yang berhasil diselamatkan tersebut mengalami kerusakan yang serius.(Win-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 51 = 59