Kendal  

Perpustakaan Lama Dinarpus Kendal Dapat Akreditasi Standart Nasional

KENDAL, lintasjateng.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten KendalĀ berhasil mendapatkan akreditasi sesuai standart nasional perpustakaan usai dilakukan visitasi akreditasi oleh Tim Asesor Akreditasi Perpusnas RI, Jumat 17 Maret 2023.

Koordinator Akreditasi Perpustakaan Jawa, Bali, NTT dan NTB, Budi Kurniawan menjelaskan, perpustakaan yang ada pada Dinarpus Kendal telah mendapatkan akreditasi standart nasional perpustakaan dengan jumlah judul mencapai 24 ribu dan untuk eksemplarnya sebanyak 44 ribu.

“Jadi alhamdulillah pada hari ini dapat kita selesaikan, bahwa perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini telah terakreditasi sesuai dengan standart nasional perpustakaan,” terangnya.

Baca Juga  Banjir Bandang Terjang Rumah Warga Desa Kedungboto

Namun menurutnya, jika perpustakaan Dinarpus Kendal telah dipindahkan ke gedung baru Perpusda maka kedepan tentunya akan menambah nilai akreditasi perpustakaan tersebut.

“Nanti kalau sudah pindah ke gedung baru yang semegah ini tentu nilainya lebih lagi, predikatnya lebih lagi. Nanti bisa ditingkatkan di tahun berikutnya,” ungkap Budi Kurniawan.

Budi Kurniawan menegaskan, dengan akreditasi yang telah didapatkan saat ini sudah bisa menjadikan patokan dari para pemustaka bahwa perpustakaan yang dimiliki Pemkab Kendal ini telah sesuai dengan standart nasional perpustakaan.

Yang jelas perpustakaan ini sudah terakreditasi sehingga sudah bisa menjadikan patokan dari para pemustaka sesuai dengan standart nasional perpustakaan. Dari mutu pengelolaannya sudah terakreditasi,” tandasnya.

Baca Juga  Berikan Wadah Bagi Penghobi Mancing, Disporapar Gelar Lomba Mancing

Sementara, Sekretaris Dinarpus Kendal, Muhammad Yusuf Ariyanto mengatakan, akreditasi perpustakaan lama yang terletak di Dinarpus mendapatkan akreditasi C. Meski belum maksimal namun menurutnya sudah diatas standar nasional perpustakaan yang ditetapkan oleh Perpusnas RI.

“Tahun depan kalau gedung perpustakaan yang baru sudah beroperasi kita bisa mendapatkan nilai maksimal dan mendapat akreditasi A. Insyaallah tahun 2024 akan mengajukan lagi untuk gedung layanan perpustakaan yang baru,” ujarnya. (Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 − = 53