Kendal  

PUPR Kendal Raih Penghargaan DAK Irigasi 2023

KENDAL, lintasjateng.com – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kendal mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten terbaik pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) bidang irigasi tahun anggaran 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Krisno Yuwono pada acara Rapat Kerja Pelaksanaan DAK Fisik Infrastruktur PUPR (Bidang Jalan, Irigasi, Air Minum, Sanitasi dan Perumahan) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lombok, Senin 1 Juli 2024 lalu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kendal, Khoirul Ridho menjelaskan, penghargaan diberikan karena Kabupaten Kendal dinilai mampu mengelola DAK irigasi 2023 dengan baik. Adapun kriteria penilaian berdasarkan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

Baca Juga  Sambil Off-road Pangdam IV/Diponegoro Serahkan Sembako kepada Warga Kecamatan Limbangan

“Yang dinilai dari perencanaan awal, terus pelaksanaan. Kebetulan kita dapat dana DAK itu sekitar Rp 4 miliar untuk dua kegiatan dan Alhamdulillah selesai 100 persen dan dana terserap semua. Kemudian setelah pelaksanaan selesai kita melaksanakan pelaporan melalui aplikasi. Pelaporan itu juga dinilai, dan nilainya baik juga” jelasnya saat jumpa pers di ruang Abdi Praja Setda Kendal, Jumat 5 Juli 2024.

Selain mendapatkan penghargaan, Kendal juga akan mendapat reward dalam bentuk DAK yang lebih besar.

“Rewardnya menurut informasi kita akan mendapatkan anggaran DAK irigasi lebih besar lagi untuk anggaran 2025. Dan mudah-mudahan kita dapat DAK yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Baca Juga  Peduli Warga Yang Menunaikan Ibadah Puasa, Pemuda Pancasila Weleri Bagikan Takjil Kepada Pengendara

Khoirul menyebut DAK bidang irigasi di tahun 2023 sebesar Rp 4 miliar yang digunakan untuk rehabilitasi 2 daerah irigasi (DI) yakni Wonorejo, Desa Kedungsuren, Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Gruyung Desa Pucakwangi, Kecamatan Pageruyung.

“Jadi DI Wonorejo ini mengairi area persawahan seluas 188,9 hektar. Meliputi Desa Sidomakmur, Jerukgiling dan Kedungsuren. Sementara DI Gruyung, lanjut Khoirul, mengairi seluas 33,15 hektar yang meliputi wilayah Desa Pucakwangi,” beber Khoirul.

Dirinya berharap melalui penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi motivasi bagi Dinas PUPR Kendal untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan DAK bidang irigasi.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 2 =