Kendal  

Usai Dilantik, Petugas Pantarlih Mulai Lakukan Coklit

KENDAL, lintasjateng.com – Petugas Pemutkhiran Data Pemilih (Pantarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mulai melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) kerumah-rumah warga guna mendapatkan data yang valid.

Berbekal kartu identitas, rompi, topi hingga surat tugas, para petugas Pantarlih yang telah dilantik serentak pada Minggu 12 Februari 2023 tersebut akan mendatangi satu per satu rumah warga mulai 12 Februari-14 Maret 2023 mendatang.

Salah seorang Petugas Pantarlih Desa Sidomukti Kecamatan Weleri, Atik mengatakan, dirinya langsung melaksanakan tugasnya usai dilantik dan diberikan bimbingan tehnis (bimtek). Atik mengaku mendatangi satu persatu rumah warga guna mencocokkan data yang dibawanya dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) para pemilih.

Baca Juga  Hanyut Saat Mandi Di Bendungan Juwero, Bocah Sembilan Tahun Ditemukan Meninggal Dunia

“Kalau cocok di-list, ditempel stiker. Kalau tidak cocok atau dobel dicoret. Syaratnya data harus sesuai KTP elektronik dan KK,” ujarnya Senin 13 Februari 2023.

Sebelumnya, Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, ada 3.485 petugas Pantarlih yang telah dilantik serentak. Para petugas tersebut akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Dalam pelaksanaan coklit tersebut, Pantarlih wajib melakukan pencocokan dan penelitian data yang ada dengan KTP ataupun KK dari warga yang didatangi,” jelas Hevy.

“Jadi nantikan petugas kami ke rumah dan siapkan e-KTP dan kartu keluarga,” tandasnya.

Baca Juga  Agenda Kalender 2023, Event Prestasi Dipersiapkan ISSI Kendal

Hevy menambahkan, apabila terdapat kekeliruan, Pantarlih wajib melakukan koreksi berdasarkan e-KTP atau KK yang bersangkutan.

“Selain itu, Pantarlih juga wajib memasukkan data pemilih baru yang pada saat hari pemilihan telah genap berusia 17 tahun di form tersendiri jika yang bersangkutan belum masuk sebagai daftar pemilih,” imbuhnya.

Ketua KPU Kendal juga memohon seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung jalannya proses pencocokan dan penelitian yang dilakukan para Petugas Pantarlih.

“Kami mohon dukungan kepada agar proses pencocokan dan penelitian ini berjalan dengan cepat dan tepat,” imbuh Hevy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

73 − 68 =