Kendal  

Wujudkan Lingkungan Kerja Sehat, Pemdes Pucangrejo Gemuh Gelar Jumat Bersih

LINTASJATENG,KENDAL – Pemerintah Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh terus berbenah, salah satunya dengan membersihkan lingkungan Balai Desa yang berada di pinggir jalur pantura Kendal-Weleri tersebut.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa dan diikuti Sekdes, Kasi, Kaur, Kadus dan staf, dalam kegiatan kerja bakti “Jumat Bersih”, di halaman Balai Desa Pucangrejo, Jumat (11/2/2022).

Salah satu kegiatan ini dalam bentuk membersihkan lingkungan halaman kantor ataupun ruangan-ruangan kantor, hingga banyak manfaat yang akan dirasakan.

Mereka membersihkan halaman balaidesa, dari sampah dan tumpukan material bekas yang ada di sebelah gerbang.

Kegiatan Jumat Bersih yang dilakukan Perangkat Desa Pucangrejo Gemuh Kendal, Jumat (11/2/2022)
Kegiatan Jumat Bersih yang dilakukan Perangkat Desa Pucangrejo Gemuh Kendal, Jumat (11/2/2022)

Menurut, salah satu perangkat, Nanang, selaku Kepala Dusun II Desa Pucangrejo mengaku, seringkali aksi kerja bhakti dilaksanakan pada hari Jumat.

Baca Juga  Pesta Siaga Binwil Semarang Digelar di Ponpes Darul Amanah Sukorejo

Menurutnya, Jum’at Bersih merupakan kegiatan rutin di Lingkungan Kantor Balaidesa Pucangrejo, yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat desa yang diadakan dua minggu sekali.

“Disebut gerakan Jumat Bersih, karena mewujudkan kebersihan di hari Jumat. Sehingga diharapkan budaya Jumat Bersih bisa berkembang menjadi Jumat Sehat,” ujar Nanang.

Sementara itu Kepala Desa Pucangrejo, Agus Riyanto mengatakan, tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan perangkat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di kantor atau tempat kerja akan terasa nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik. 

Baca Juga  Pemuda Ditemukan Meninggal Dunia di Selokan Kendal

“Karena perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan tempat kerja masing-masing,” ujarnya.

Perangkat Desa Pucangrejo, membersihkan sisa material di samping gerbang Balaidesa
Perangkat Desa Pucangrejo, membersihkan sisa material di samping gerbang Balaidesa

Selain itu, lanjut Agus, lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja personal yang sehat, sehingga mempengaruhi produktifitas kerja yang berkualitas, bagi perkembangan instansi tempat bekerja.

Bahkan, sebagai pengayom masyarakat, dirinya dan perangkat desa, sudah memiliki kewajiban untuk memberikan contoh melakukan hal yang postif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan melihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru,” ungkap Agus. (Mash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 + = 68