Kendal  

104 Siswa Bertalenta Khusus Antusias Ikuti Berbagai Lomba di SLBN Kendal

KENDAL, Lintasjateng.com – Sebanyak 104 siswa bertalenta khusus dari 3 SLB Negeri dan 6 SLB Swasta mengikuti aneka lomba, meliputi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kendal, Rabu (31/5/2023).

Acara didukung Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Wilayah XIII, meliputi Kendal, Pekalongan dan Batang, dan juga Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) XIII.

Kemeriahan nampak, saat pembukaan festival maupun lomba tersebut, dimana para siswa dan guru SLBN Kendal mempersembahkan senam “Kita Pelajar Pancasila” sebagai implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SLB Negeri Kendal, Tri Sayekti menyampaikan, sebagai tuan rumah penyelenggara, pihaknya menyuguhkan senam yang ujuannya supaya tenaga pendidik maupun pelajar lebih memahami apa saja profil pelajar yang berkarakter Pancasila.

“Sebagai penghormatan kepada tamu dan anak anak bertalenta khusus, kami suguhkan senam Kita Pelajar Pancasila, yang mewakili nilai-nilai atau elemen dari Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka oleh siswa dan guru SLB Negeri Kendal,” ujar Sayekti.

Sementara itu, Kepala Seksi SMA dan SLB Cabdin Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Adhelika Mahmudiah mengapresiasi keberhasilan para siswa, dengan tidak lupa berpesan agar peserta dapat terus berkompetisi dan semangat pantang menyerah dalam menampilkan karya-karya kreatif.

Baca Juga  Kesiapan Polda Jateng Hadapi Arus Mudik Dapat Apresiasi Menteri Perhubungan

Dikatakan, tujuan diadakannya festival dan lomba tersebut sebagai wadah para siswa bertalenta khusus untuk mengembangkan rasa kepercayaan diri, menunjukan potensi dan bakat, kreatifitas dan prestasi di bidang yang diminati di Sekolah.

“Saya sangat bangga kepada anak didik dalam hal ini peserta didik bertalenta khusus yang luar biasa semangatnya dan mampu membuktikan diri untuk berprestasi,” ujarnya.

Selain memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peraih juara, menurut Adhelika, kegiatan juga dapat meningkatkan motivasi kreativitas peserta didik bertalenta khusus dengan talenta, bakat dan kemampuan masing-masing.

“Saya harap anak-anak terus menumbuhkan jiwa kompetitif dan semangat pantang menyerah dalam menampilkan karya dengan melatih kreativitas sejak dini maka kemauan untuk maju semakin kuat,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Ganis Tri Martono menjelaskan kegiatan diikuri 104 peserta, yang terdiri dari 30 anak mengikuti FLS2N, meliputi lomba cipta baca puisi, cipta komik strip, desain grafis, melukis, menyanyi, MTQ dan pantomim.

Kemudian 37 anak mengikuti O2SN, meliputi lomba lari 100 meter, lempar turbo, lompat jauh, bocce, tenis meja, bulu Tangkis, catur dan kursi roda.

Baca Juga  Anggota DPRD Kendal Tegaskan Pentingnya Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Selanjutnya 37 anak mengikuti LKSN, meliputi lomba hantaran, menjahit, membatik, tata boga, merangkai bunga, kreasi barang bekas, kriya kayu, kecantikan dan IT.

“Kegiatan lomba bertujuan untuk menggali bakat minat, menggali potensi, membangun rasa percaya diri, serta bagi peserta dan pendamping untuk tetap menjaga rasa sportivitas dan menjunjung rasa persaudaraan,” ungkapnya.

Acara juga dihadiri Pengawas Cabdin Wilayah XIII, Susi Sudarti yang menutup kegiatan. “Kepada anak-anak yang hadir, semuanya adalah sang juara. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan berkat dukungan bersama, dalam mewujudkan pelayanan yang lebih baik terhadap anak bertalenta khusus di wilayah Cabdin XIII,” ujarnya.

Sedangkan Koordinator Senam dari SLB Negeri Kendal, Gayuh Tristanti Dewi menambahkan, senam sebagai bagian sinergi, integrasi dan aktualisasi terhadap nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

“Alhamdulillah, SLB Negeri Kendal sebagai juara umum. Anak-anak antusias, semangat dan sangat bahagia mengikuti rangkaian kegiatan baik senam maupun perlombaan, yang diharapkan oleh guru adalah memberi apresiasi terhadap bakat minat sesuai kemampuannya,” imbuh Gayuh. (Mash).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

90 − = 84