Kendal  

PT Borine Eksport Perdana HBB Can Opener ke Amerika Serikat

KENDAL, lintasjateng.com – PT Borine Technology Indonesia yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK) melaksanakan eksport perdana HBB Can Opener ke Amerika Serikat, yakni ke perusahaan Hamilton Beach Los Angeles, CA, Selasa 29 Agustus 2023.

Eksport perdana dilepas oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdangan, Didi Sumedi.

General Manager PT. Borine Teknology Indonesia, Jankey Ren mengatakan, PT Borine Technology Indonesia melakukan ekspor perdana HBB Can Opener atau pembuka makanan kaleng sebanyak 10.378 unit ke Los Angeles, dengan nilai ekspor kurang lebih 100 ribu USD untuk 1 container.

“Hari ini PT Borinr sudah mengekspor 10 ribu lebih dari target tahunan yang 1 juta pcs. Proses ini tidak terlepas dari dukungan semua jajaran pimpinan dan pemerintah. Mengingat tahun 2022 hingga 2023 awal merupakan tahun yang cukup sulit untuk kami karena order dari kustomer menurun,” ujar Jankey.

Ditambahkan, PT Borine Technology Indonesia melakukan ekspor perdana HBB Can Opener ke perusahaan Hamilton Beach yakni perusahaan peralatan dapur elektrik yang memiliki 20 persen pangsa pasar di Amerika.

Baca Juga  Polres Kendal Gelar Halal Bihalal Bersama Forkopimda

“Can Opener HR0015 merupakan produk Hamilton Beach yang pertama di produksi di PT Borine Technology Indonesia,” imbuhnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyatakan, ekspor dari perusahaan Borine Technology Indonesia terus mengalami peningkatan.

“Artinya kita berhasil untuk terus meningkatkan investasi yang ada di Kabupaten Kendal, khususnya yang ada di Kawasan Industri Kendal. Insyaallah ekspornya kedepan juga semakin baik karena telah ditatapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” ujar Dico.

Menurutnya, perusahaan yang masuk di Kawasan Ekonomi Khusus maka orientasinya adalah ekspor produk atau substitusi import. Terlebih KEK Kendal saat ini masuk menjadi KEK terbaik di Indonesia.

“Sehingga memang kita terus memberikan support kepada seluruh investasi yang ada di Kawasan Industri Kendal. Dan harapannya seluruh stakeholder termasuk dari Kementerian Perdagangan dan juga dari Bea Cukai semuanya bisa bersama-sama untuk berupaya meningkatkan investasi khususnya di Kabupaten Kendal,” harapnya.

Baca Juga  Polres Kendal Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Antisipasi Tawuran

Ia juga memberikan apresiasi kepada PT Borine Technology Indonesia yang telah melaksanakan ekspor 10 ribu unit lebih can opener ke USA.

“Mudah-mudahan kedepan bisa terus memberikan multipler efek terhadap pembangunan yang ada di Kabupaten Kendal. Dan juga meningkatkan devisa kita dan mudah-mudahan kedepan semakin sukses dan juga semakin maju,” tandas Dico.

Sementara Dirjen Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdangan, Didi Sumedi mengucapkan selamat kepada PT. Borine Teknology Indonesia yang sudah menyelesaikan pembangunan fase pertamanya, dan semoga pembangunan fase kedua juga bisa segera diselesaikan, sehingga akan lebih meningkat PDRB bagi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Kendal.

“Kami juga merasa senang, karena bisa menghadiri acara ekspor perdana PT. Borine Teknology Indonesia ke luar negeri, mengingat perusahaan tersebut adalah perusahan yang bisa memproduksi brand-brand ternama,” tutur Didi Sumedi.(Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3