Kendal  

SMK Bhinneka Patebon Launching Sekar Jagad Skilled Labor Course

KENDAL, lintasjateng.com – SMK Bhinneka Patebon Kabupaten Kendal menggelar Grand Opening Sekar Jagad Skilled Labor Course yakni Kursus Tenaga Kerja Terampil yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi siap kerja terutama anak didiknya, Kamis 26 Januari 2023.

Kepala Sekolah, Endang Sutani menyampaikan, kursus tenaga kerja terampil ini bertujuan untuk pemenuhan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha khususnya di Kawasan Industri Kendal (KIK).

“Kursus ini kita bentuk atas kerjasama dengan PT Anugrah Jaya Aura. Tujuannya agar anak-anak ini nanti bisa terserap di KIK,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, Sekar Jagad Skilled Labor Course SMK Bhinneka menyajikan kursus pelatihan menjahit dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di dunia industri kerja.

“Selain untuk anak-anak didik di SMK Bhinneka juga dibuka untuk umum. Nanti kita akan persiapkan soft skill maupun hard skillnya,” jelas Endang Sutani.

Baca Juga  Jalan Desa Rusak Parah, Warga Turunrejo Brangsong Kendal Menggelar Aksi Damai
Kegiatan Grand Opening Sekar Jagad Skilled Labor Course SMK Bhinneka Patebon Kamis (26/1/2023)
Kegiatan Grand Opening Sekar Jagad Skilled Labor Course SMK Bhinneka Patebon Kamis (26/1/2023)

Direktur PT Anugrah Jaya Aura, Adhi Hariawan mengungkapkan, kami selaku penghubung antara kebutuhan industri dengan anak-anak peserta didik. Dan sebagai upaya membantu Pemerintah Kabupaten Kendal dalam menurunkan angka pengangguran.

“Setelah kita mendapat petunjuk ibu Cicik, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja bahwa diperlukan tenaga yang terampil untuk kebutuhan indutri. Disinilah kita menjadi penghubung antara pelaku usaha dan pencari kerja khususnya dibidang garment,” ungkapnya.

Ditambahkan, kedepan pihaknya akan menambah bidang lainnya seperti tehnologi informatika, mekanik, administrasi dan lainnya.

“Sekar Jagad Skilled Labor Course SMK Bhinneka ini merupakan pilot project. Kedepan kita akan berupaya menggandeng sekolah-sekolah lain dan juga masyarakat yang masih menganggur,” imbuh Adhi Hariawan.

Dirinya berharap, dengan dibukanya Sekar Jagad Skilled Labor Course SMK Bhinneka bisa dimanfaatkan para pencari kerja maupun lulusan SMK untuk menambah pengetahuan sesuai dengan yang dibutuhkan para pelaku industri.

Baca Juga  Rangkul PP Kendal, Paramita Management Gelar Bakti Sosial di Kota Kendal

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah XIII Ernest Ceti Septiyanti usai menuturkan, pihaknya sangat mendukung dibukanya kursus menjahit SMK Bhinneka. Menurunya ini merupakan salah satu upaya dalam menyiapkan sumberdaya yang terampil dan siap kerja.

“Upaya dari kepala Sekolah Bhinneka ini match dengan industri. Sehingga kami berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan anak-anak SMK untuk menambah hard skill sehingga mereka nanti letika masuk ke industri bisa lancar diterima,” ungkap Ernest.

Ernest mengungkapkan, setiap sekolah berhak bersinergi dengan pihak manapun yang dapat membantu tambahan pelatihan. Sehingga siswa-siswi lulusan SMK tidak lagi dianggap lulusan yang tidak mempunyai kompetensi yang memadai.

“Seluruh tamatan SMK di Kendal ini tidak ada yang menganggur. Apalagi di Kendal ini ada KIK yang peluang kebutuhan tenaganya juga cukup tinggi,” tandasnya.(Win).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

51 − = 41